9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata

Aceh merupakan provinsi yang memiliki beragam suku, adat dan budaya. Bukan hanya itu, di provinsi aceh juga memiliki sejuta tempat tempat wisata yang sangat indah seperti pantai, museum Tsunami, bukit dan pegunungan, air terjun dan masih banyak lagi. berikut ini 9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh Yang Sangat Memanjakan Mata.

1. Gunung leuser

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Leuser

Gunung leuser dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Aceh dengan ketinggian sekitar 3.400 Meter di Atas Permukaan Laut  dan Gunung Leuser juga telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Gunung Leuser terletak di antara provinsi aceh dan provinsi sumatera utara. Untuk mencapai Gunung Leuser tersebut kalian bisa melalui 2 jalur yaitu jalur pertama dari Dusun Penosan, Kedah dan yang kedua dari Desa Pasie Lembang, Kec. Kluet Selatan. Sedangkan untuk mencapai puncaknya kalian harus mendaki selama 5 jam. Karena akses jalannya yang lumayan menyulitkan. Akan tetapi ketika kalian sampai ke puncak Gunung Leuser tersebut, kalian akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat memanjakan mata. Dengan hamparan pepohonan yang menjulang tinggi.

2. Gunung Perkison

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Perkison

Gunung Perkison terletak di bagian tenggara provinsi Nanggroe Aceh Darussalam didekat kutacane. Gunung Perkison tidak kalah menariknya dengan Gunung Leuser. Untuk mencapai puncak gunung ini kalian harus mendaki dan menempuh jarak sekitar  4 jam dengan jarak sekitar 5 km dari kaki Gunung dan Gunung perkison tersebut memiliki ketinggian sekitar 2.800 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL).

Meskipun harus menempuh perjalanan yang sangat panjang, perjalanan kalian akan sangat mengesankan karena di setiap perjalanan kalian bisa menemukan hewan dan tumbuhan yang di lindungi, seperti bunga raflesia, tupai dan masih banyak lagi. Setelah mencapai puncak Gunung Perkison kalian juga bisa menikmati indahnya kota kutacane dari atas puncak Gunung Perkison ini.

3. Gunung Seulawah Agam

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Sulawah Agam

Gunung Seulawah Agam terletak di Desa suka makmur, Kec. Saree. Gunung Seulawah Agam ini memiliki ketinggian sekitar 1.800 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Untuk mencapai puncak gunung ini kalian harus mendaki dan memerlukan waktu sekitar 5 jam dengan jarak 7 km dari kaki gunung tersebut. Meskipun harus menempuh perjalanan yang sangat panjang. Setelah sampai ke puncak gunung ini rasa lelah kalian akan terbayarkan karena pemandangan yang disuguhkan dari puncak gunung seulawah ini.

4. Gunung Abong Abong

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Abong-Abong

Gunung Abong Abong ini terletak di Kec. Beutong, Kab. Nagan Raya, Nanggroe Aceh Darussalam. Gunung Abong Abong dinobatkan menjadi gunung tertinggi kedua di aceh dengan ketinggian sekitar 2.900 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Untuk mencapai puncaknya kalian harus menempuh jarak sekitar 2 km dari kaki bukit dan memerlukan waktu untuk mencapai puncaknya sekitar 7 jam pendakian. Dan jika beruntung, selama pendakian kalian bisa melihat hewan seperti gajah dan badak yang tidak ada di pegunungan ataupun dibukit lain.

5. Gunung Bendahara

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Bendahara

Gunung Bendahara merupakan salah satu gunung yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung lain, yaitu di gunung Bendahara ini memiliki air terjun yang sangat indah dan sangat memanjakan mata. Oleh karena itu banyak sekali pendaki yang mendaki gunung ini dan ingin mengekspor tempat-tempat yang  ada sekitaran gunung ini.

Gunung Bendahara terletak di Kab. Gayo Luwes, aceh. Untuk mencapai gunung tersebut jika dari kota Kutacane harus menempuh jarak sekitar 35 km dan memerlukan waktu sekitar 4 jam. Jika ingin mencapai puncak gunungnya kalian harus mendaki dan memerlukan waktu sekitar 5 jam pendakian. Meskipun harus memakan waktu yang sangat lama dan melelahkan, rasa lelah kalian akan terbayarkan oleh pesona yang di suguhkan dipuncak gunung bendahara ini. Bagi kalian para pendaki pemula, gunung ini sangat direkomendasikan karena akses jalannya yang tidak terlalu sulit untuk dilewati.

6. Gunung Jaboi

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Jaboi

Gunung Jaboi ini terletak di Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Gunung Jaboi merupakan salah satu gunung merapi yang tidak aktif dalam beberapa tahun belakangan ini. Untuk mencapai Gunung Jaboy kalian harus menyebrang dari kota banda aceh ke kota sabang dengan menggunakan kapal dan memerlukan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Ketika sampai di kota sabang, kalian harus menempuh jarak sekitar 2 km dari pusat kota dan ketika sampai di kaki gunung jaboi ini kalian harus mendaki ke puncaknya dan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam karena gunungnya yang tidak terlalu tinggi sekitar 600 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). 

Pemandangan yang disuguhkan diatas puncak gunung Jaboi tak kalah menariknya dengan gunung-gunung lain. Dari puncak Gunung Jaboi ini kalian bisa melihat hamparan lautan yang begitu luas dan jika beruntung kalian bisa melihat sunset dari puncak gunung jaboi ini.

7. Gunung Peut Sagoe

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Peut Sagoe

Gunung Peut Sagoe terletak di Kab. Pidie, Kec. Geumpang, Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk mencapai Gunung Peut Sagoe tersebut kalian harus menempuh jarak sekitar 50 km dari Kota Banda Aceh. Sesuai dengan namanya "peut" berarati empat gunung ini memiliki 4 puncak dengan ketinggian sekitar 2.800 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). 

Untuk mencapai puncak Gunung Peut Sagoe kalian harus mendaki dan memerlukan waktu sekitar 6 jam dan rute yang dilalui pun tidak terlalu sulit. Meskipun memakan waktu yang lumayan lama dan melelahkan, ketika kalian sampai ke puncak gunung ini rasa lelah yang kalian alami akan terbayarkan oleh pemandangan yang disuguhkan oleh gunung peut sague.

8. Gunung Bur Ni Telong

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Bur Ni Telong

Gunung ini terletak di kota bener meriah, Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk mencapai ke Gunung Bur Ni Telong memerlukan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Jika ingin ke puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar 7 jam pendakian hal ini disebabkan karena tinggi gunung Bur Ni Telong sekitar 2.600 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Meskipun harus menempuh perjalanan yang sangat panjang, kalian tidak akan merasa lelah, karena disepanjang jalan kalian akan melihat pemandangan bunga abadi yang ada di Gunung  Bur Ni Telong ini. Gunung ini pun menjadi salah satu tempat favorit bagi pata pecinta alam. Karena di puncak gunungnya kalian bisa melihat kawah yang yang berjumlah 5 kawah.

9. Bukit Geurutee

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata
Gunung Geurutee

Gunung Geurutee berlokasi di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh besar. Tepatnya di Jln. Meulaboh - Banda Aceh ,di Desa Lamno, kab. Aceh jaya, Aceh. Untuk mencapai ke Desa Lamno, memerlukan waktu sekitar 1-3 jam dari Kota Banda Aceh. Jika ingin ke puncak gunungnya kalian hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Untuk akses jalannya yang tidak terlalu sulit, di jamin jika kalian liburan ke gunung Geurutee tersebut kalian akan merasakan kebahagiaan karena di gunung ini kalian bisa melihat hamparan laut samudra hindia yang begitu luas.

Itulah 9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata. Bagi kalian yang suka dengan keindahan alam dan hobinya pendaki gunung, disarankan kalian harus mengunjungi gunung-gunung atau bukit yang ada di provinsi aceh. Dijamin liburan kalian akan sangat berkesan dan sangat memuaskan.

Tidak ada komentar untuk " 9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh, Yang Sangat Memanjakan Mata"