6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan

Gunung merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak di minati oleh orang-orang, karena ketika mendaki gunung kita bisa melihat indahnya kota-kota dari puncak gunung tersebut. Tidak hanya gunung saja, destinasi wisata lainnya juga banyak di minati oleh orang-orang yang ingin liburan seperti pantai, museum, air terjun dan masih banyak lagi. Ketika kalian ingin berlibur kalian juga bisa mengunjungi tempat- tempat wisata yang ada di provinsi Kalimantan Selatan bersama keluarga, sahabat ataupun bersama orang terdekat kalian. Berikut daftar 6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan, Cocok Bagi Kalian Yang Suka Mendaki Gunung.

1. Gunung Besar (Halau-Halau)

6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan
Gunung Besar (Halau-Halau)

Gunung Besar sangat populer di kalangan wisatawan lokal, nasional bahkan sampai ke tingkat mancanegara. Para Pendaki sering menjadikan Gunung Besar untuk Upacara Memperingati Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus pada setiap tahunnya. Gunung Besar memiliki ketinggian sekitar 1,898 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL) dan Gunung Besar dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Kalimantan Selatan. Gunung Besar terletak di salah satu desa di wilayah Kec. Simpang Empat, Kab.Tanah Bumbu, Pro. Kalimantan selatan. 

Jika kalian ingin mengunjungi Gunung ini hanya perlu mengendarai mobil dengan waktu sekitar 1 jam dan jarak sekitar 41 km dari Kab. Tanah Bumbu. ketika sampainya di kaki bukit Gunung Besar, kalian harus mendaki gunung Besar dengan Waktu yang lumayan lama sekitar 1-2 hari dan kalian harus mempersiapkan segalanya ketika ingin mendaki Gunung Besar ini. Meskipun memerlukan waktu yang lama selama pendakian, ketika kalian sampai ke puncak Gunung Besar, kalian akan di suguhkan oleh pemandangan yang ada di sekitar Gunung Besar tersebut dan pendakian kalian tidak akan sia-sia.

2. Gunung Banyutawar

6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan
Gunung Banyutawar

Gunung Banyutawar merupakan salah satu gunug merapi aktif yang terletak di Muara Hungi, Kec. Batang Alai Tim, Kab. Hulu Sungai Utara, Prov. Kalimantan Selatan. Meskipun gunung merapi aktif, Gunung Banyutawar sangatlah indah di lihat dari kejauhan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1,590 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Jika ingin mengunjungi gunung ini di perlukan waktu sekitar 3-4 jam dengan jarak sekitar 130 km dari Kab. Hulu Sungai Utara. Meskipun harus menempuh perjalanan yang sangat jauh, ketika sampai ke gunung ini kalian akan takjub oleh pemandangan yang ada di sekitar bukit Banyutwar tersebut

3. Gunung Aurbunak

6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan
Gunung Aurbunak

Gunung Aurbunak merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena pemandangan di atas puncak gunung ini sangat lah indah. gunung Aurbunak Terletak di salaman, Kecamatan kintap, Kabupaten tanah laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Gunung Aurbunak memiliki ketinggian sekitar 1,160 km Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). 

Jika ingin berlibur ke gunung ini di perlukan waktu sekitar 2-3 jam dan diperlukan jarak sekitar 100 km. ketika sampainya ke kaki Gunung Aurbunak, jika ingin mendaki ke puncaknya memerlukan waktu sekitar 1 harian dan harus mempersiapkan tenaga yang cukup serta barang-barang penting yang harus di bawa saat ingin mendaki.

4. Gunung Pangilingin

6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan
Gunung Pangilingin

Gunung yang terletak di wilayah kabupaten Tanah Laut tidaklah terlalu populer di kalangan wisatawan, meskipun gunung pangiingin ini tidak terlalu populer gunung ini sangat banyak menyimpan keindahan alam yang bisa kalian nikmati saat berkunjung ke gunung pangilingi tersebut. Gunung Palngilingin memiliki ketinggian sekitar 1,110 Meter di Atas Permukaan laut (MDPL) dan gunung ini dahulunya merupakan salah satu gunung merapi aktif yang terdapat di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

5. Gunung Batu Besar

6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan
Gunung Batu Besar

Gunung Batu Besar memiliki ketinggian sekitar 1,205 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL) gunung batu sungkur terletak di wilayah kecamatan Sampanahan, kabupaten Kota Baru, Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk mencapai ke gunung ini di perlukan waktu sekitar 2-3 jam dengan jarak sekitar 90 km. meskipun memerlukan waktu yang lumayan lama ketika sampainya ke kaki gunung batu besar, kalian akan di suguhkan pemandangan yang sangat indah. 

Jika ingin ke puncak Gunung Batu Besar ini kalian harus mempersiapkan alat-alat mendaki agar bisa bermalam di Gunung Batu Besar tersebut. pendakian ke Gunung Batu Besar memakan waktu sekitar 1-2 hari karena rute yang di lalui juga lumayan sulit oleh karena itu jika ingin mendaki gunung ini di perlukan tenaga serta mental yang kuat agar sampai ke puncaknya dengan selamat.

7. Gunung Hauk

6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan
Gunung Hauk

Gunung hauk merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Besar (halau) dengan ketinggian sekitar 1,330 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Gunung Hauk Terletak di wilayah Desa Ajung, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Balangan, Prov. Kalimantan Selatan. Jika ingin mengunjungi Gunung Hauk di perlukan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 4 km dari Kab. Balangan. Ketika sampai ke kaki Gunung Hauk pemandangan di sekitaran Gunung Hauk sangatlah indah dan sangat memanjakan mata. 

Jika ingin ke puncak Gunung Hauk di perlukan waktu sekitar 1 harian penuh dengan kondisi jalan yang sedikit curam dan jika hujan jalannya akan sedikit licin, inilah yang membuat pendakian ke puncaknya sangat susah. Namun ketika sampai ke puncak Gunung Hauk tersebut, pemandangan yang akan kalian saksikan sangatlah indah dengan hamparan pepohonan yang ada di sekitaran puncak gunung ini. Jika kalian yang masih pemula saat mendaki gunung, di sarankan untuk membawa orang yang sudah berpengalaman saat mendaki Gunung Hauk tersebut.

Itulah 6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan, Cocok Bagi Kalian Yang Suka Mendaki Gunung. Jika kalian berkunjung ke Kalimantan Selatan untuk berlibur, di sarankan untuk mengunjungi gunung-gunung yang sudah saya tuliskan di atas di jamin liburan kalian bersama sahabat akan sangat bermakna dan berkesan.

5 komentar untuk "6 Wisata Gunung Terpopuler di Kalimantan Selatan"

Posting Komentar