Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits.

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata seperti, pantai, museum, air terjun, hingga gunung dan bukit yang menjadi incaran bagi para pendaki. Banyak sekali wisatawan yang berlibur ke Kota Banjarmasin hanya untuk liburan bersama keluarga dan orang terdekatnya. Berikut Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits.

1. Bukit Matang Kaladan

Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits
Bukit Matang Kaladan

Bukan hanya air terjun dan pantainya saja tempat wisata yang ada di provinsi Kalimantan bagian selatan ini, tetapi juga ada perbukitan yang akan membuat kalian terpesona dengan keindahan yang bisa kalian lihat dari atas perbukitan ini, salah satunyanya ialah Bukit Matang Kaladan. Bukit Matang Keladan terletak di Desa Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kab. Banjar, Kalimantan selatan. Jika ingin mendaki Bukit Matang Kaladan kalian harus menempuh jarak sekitar 34 km dengan waktu sekitar 1-2 jam dari Kota Banjar.

Ketika ingin mendaki ke puncaknya kalian harus mendaki sekitar 1 jam karena bukit ini tidak terlalu tinggi dan tingginya sekitar 450 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL). Tetapi setelah sampai di puncaknya kalian tidak akan merasa kecewa karena dari puncak bukit ini kalian bisa menyasikan pemandangan yang sangat indah. 

2. Bukit Telang

Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits
Bukit Telang

Bukit telang Terletak di Desa Martadah, Kab. Tanah Laut. Untuk mencapai puncak bukit ini kalian memerlukan waktu sekitar 30-50 menit. Karena rute yang dilalui lumayan sulit dan sedikit menanjak. Bukit Telang belum terlalu populer dikalangan wisatawan, karena lokasi dan jaraknya yang begitu jauh. Meskipun sangat jauh, pemandangan di bukit ini tidak kalah menariknya dengan bukit-bukit yang lain. Di bukit ini kalian bisa melihat pemandangan padang rumput yang begitu luas serta pepohonan yang menjulang tinggi. Jika ingin ke bukit ini kalian harus membawa peralatan perkemahan agar bisa bermalam dibukit ini.

3. Bukit Tabuan

Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits
Bukit Tabuan

Bukit Tabuan terletak di Sungai Anaru, Desa Tiwingan Baru, Kec. Ariano, Riam Kanan, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan. Untuk Mencapai bukit ini kalian harus menyeberang menggunakan kapal, dengan harga mulai dari Rp 300.000-500.000 dan setelah itu kalian harus mendaki agar bisa sampai ke puncaknya memerlukan waktu sekitar 30-40 menit. Akan tetapi jangan khawatir, setelah kalian sampai ke puncak bukitnya kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. kalian akan bisa melihat pemandangan yang ada di bukit tabuan dengan bebas dan kalian bisa melihat waduk yang paling populer di kab. Banjar serta Berkemah di puncak Bukit Tabuan tersebut.

4. Bukit Kudai

Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits

Bukit Kudai belum terlalu populer dikalangan wisatawan, oleh sebab itu untuk menuju puncak bukitnya kalian harus melewati jalanan yang ekstrim karena bukit ini masih sangat asli. Bukit Kudai memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan rumput hijau disekitar bukit. Selain itu tersedia juga ojek bagi kalian yang takut untuk menaiki bukit ini, 1 kali perjalanan kalian bisa membayar ojek ini dengan uang sekitar Rp30.000 per orang.

Baca Juga :

5. Bukit Rimpi

Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits
Bukit Rimpi

Untuk mencapai Bukit Rimpi ini kalian hanya memerlukan waktu sekitar 10-20 menit dari Kota Pelaihari dengan jarak 11 km dan jika dari Kota Banjarmasin kalian memerlukan waktu 1-2 jam dengan jarak sekitar 72 km untuk mencapai Bukit Rimpi tersebut. Bukit ini menyuguhkan pemandangan indah dengan hamparan rumput hijau yang begitu luas di sekitaran bukit rimpi. Untuk mencapai puncak bukit ini kalian harus mendaki sekitar 30 menit. Namun tidak perlu khawatir, bukit ini tidak terlalu curam dan kalian bisa mendaki dan sampai ke puncaknya dengan sangat mudah.

6. Bukit Gelatik

Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits
Bukit Gelatik

Bukit Gelatik terletak di Desa Sungai Riam, Kab. Tanah Laut. Untuk mencapai bukit ini kalian harus menempuh jarak sektiar 66 km dan mmemerlukan waktu sekitar 1-2 jam dari kota Banjar. Untuk mencapai puncaknya kalian memerlukan waktu sekitar 1 jam dari kaki bukit ini dan untuk mencapai puncak bukitnya akan sangat mudah, karena sudah dilengkapi pentunjuk jalan. 

Bukit Gelatik5 terbilang salah satu bukit terindah yang berada di Kab. Tanah Laut, karena di puncak bukit ini kalian bisa meilihat sunrise dan sunset yang sangat indah. selain itu kalian juga bisa berkemah sembari menunggu sunrise dipagi hari.

7. Bukit Batu

Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits
Bukit Batu

Bukit Batu merupakan salah satu bukit terunik yang berada di Kalimantan selatan, karena disaat musim kemarau tiba rerumputan di Bukit Batu ini menjadi gersang dan berwarna kecoklatan. Begitupula sebaliknya, saat musim hujan tiba rerumputan yang berwarna kecoklatan itupun menjadi sangat segar dan berwarna hijau. Pemandangan yang ada di Bukit Batu Tersebut sangatlah indah dan bukit Batu ini terletak di Desa Riam Kanan, Kab. Banjar. Jika ingin mengunjungi bukit batu kalian harus menempuh jarak sekitar 39 km dan memerlukan waktu sekitar 1-2 jam.

8. Bukit Tamiang
Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits
Bukit Tamiang

Bukit Tamiang terletak di Desa Kandangan Lama, Kab. Tanah Laut. Jika ingin mengunjungi bukit tamiang memerlukan waktu sekitar 20-50 menit dengan jarak sekitar 25 km dan  untuk mencapai puncak bukit ini kalian memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan akses jalan yang lumayan sulit. Bagi kalian yang hobinya mendaki, pasti akan sangat seru jika mendaki di bukit ini karena di bukit ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan hijaunya pepohonan yang Dapat membayar lunas lelah kalian setelah mendaki bukit ini. 

Itulah beberapa Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits. Bagi kalian yang hobinya mendaki gunung ataupun bukit di sarankan untuk berlibur ke provinsi Kalimantan khususnya bagian selatan, bersama kerabat ataupun orang terdekat kalian. Karena pemandangan yang terlihat dari puncak bukit atau gunungnya sangatlah menarik dan sangat indah. Di jamin liburan yang kalian lalui akan sangat berkesan dan sangat memberikan pengalaman.

2 komentar untuk "Daftar 8 Tempat Wisata Bukit di Kalimantan Selatan Yang Paling Hits."

Posting Komentar