7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang banyak sekali menyimpan keindahan alam, budaya, dan lainnya. Salah satunya ialah bukit dan gunung. Mendaki gunung tidaklah semudah yang dibayangkan, karena memerlukan kekuatan fisik dan mental serta banyak sekali rintangan yang harus di hadapi. Maka dari itu bagi kalian yang masih pemula disarankan untuk mengajak orang yang sudah berpengalaman agar pendakian kalian berjalan dengan lancar.

Tidak lupa pula sebelum mendaki alangkah baiknya berdoa kepada yang maha kuasa agar pendakian kalian berjalan dengan lancar dan tidak terjadi apa-apa. Meskipun begitu mendaki gunung atau bukit bukanlah hal yang baru, banyak sekali pendaki gunung yang terpesona akan keindahan yang dilihat dari atas gunung ataupun bukit. Berikut 7 daftar gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler dan Wajib Kalian Ketahui.

1. Gunung Papandayan

7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui
Gunung Papandayan

Gunung Papandayan ini terletak di Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan memiliki kawah yang terkenal yaitu Kawah Nangklak, Kawah Mas, Kawah Baru Dan Kawah Manuk. Gunung Papandayan merupakan gunung merapi aktif yang sudah beberapa kali terjadi letusan. Gunung Papandayan memiliki ketinggian sekitar 2.660 meter di atas permukaan laut atau 8.735 kaki. Untuk mencapai puncak gunung ini kalian harus menempuh waktu selama beberapa hari karena puncaknya yang sangat tinggi. 

Namun tak perlu khawatir, ketika sudah sampai ke puncaknya rasa lelah karena pendakian tersebut akan terbayarkan dengan keindahan yang disuguhkan oleh Gunung Papandayan tersebut. Banyak sekali kawah-kawah yang menarik perhatian para pendaki, terutama Kawah Papandayan karena di kawah tersebut memiliki suara unik yang berasal dari lubang-lubang yang ada di Kawah tersebut. Gunung Papandayan ini juga memiliki beberapa flora dan fauna seperti tringgiling, kijang, lutung, pohon suagi, edelweiss, puspa dan lain-lain

2. Gunung Salak

7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui
Gunung Salak

Gunung Salak ini terletak di Kawasan Kab. Sukabumi dan Kab. Bogor dan Gunung Salak dinobatkan menjadi salah satu taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Gunung salak memiliki ketinggian sekitar 2.200 meter diatas permukaan laut. Untuk mencapai puncak Gunung Salak kalian harus mendaki dengan waktu sekitar 1 harian penuh, karena medan yang harus di tempuh dan jalannya yang sangat menyulitkan kalian untuk melangkah. 

Namun, ketika berhasil sampai ke puncak Gunung Salak ini rasa lelah karena pendakian tersebut akan terbayarkan oleh pemandangan yang disuguhkan dari atas puncak gunung tersebut dan jika beruntung kalian juga bisa melihat sunrise dari puncak Gunung Salak tersebut karena pemandangannya yang sangat indah dan memanjakan mata.

3. Gunung Pangrango

7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui
Gunung Pangrango

Gunung Pangrango terletak di antara 3 Kabupaten yaitu Cianjur, Bogor dan Sukabumi. Untuk mencapai ke Gunung Pangrango ini di perlukan waktu sekitar 2-3 jam dan harus menempuh jarak sekitar 63 km dari pusat Kota Bogor. Gunung Pangrango memiliki ketinggian sekitar 3.010 meter diatas permukaan laut atau 9.900 kaki dan gunung ini dijuluki sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Untuk mencapai puncak Gunung Pangrango memerlukan waktu sekitar 2-3 jam pendakian dengan medan pendakian yang tidak terlalu sulit. 

Meskipun harus memakan waktu yang lama ketika sampai ke puncak gunungnya rasa lelah dan letih karena pendakian tersebut akan terbayarkan oleh pemandangan indah yang disuguhkan dari puncak Gunung Pangrango ini. Banyak sekali para pendaki yang ke Gunung Pangrango hanya untuk melihat indahnya pemandangan dari puncak gunung ini.

4. Gunung Gede
7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui
Gunung Gede

Gunung Gede terletak di dua kabupaten yaitu Kab. Sukabumi dan Cianjur. Waktu yang di perlukan untuk mencapai ke Gunung Gede ini ialah sekitar 1-2 jam dengan jarak sekitar 23 km dari pusat Kota Cianjur Gunung Gede memiliki ketinggian sekitar 2.960 meter diatas permukaan laut atau sekitar 9.650 kaki. Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari dengan medan yang lumayan curam dan tidak mudah dilewati. 

Akan tetapi ketika sampai ke puncak gunung ini rasa lelah dan letih karena pendakian tersebut akan terbayarkan oleh keindahan yang disuguhkah oleh Gunung Gede ini, tidak hanya itu di kaki gunung ini memiliki sejuta keindahan alam seperti Air Terjun Cibeureum, Air Panas, Telaga Biru dan masih banyak lagi. Gunung Gede juga memiliki banyak sekali flora dan fauna yang masih sangat terjaga dengan baik.

Baca Juga:

9 Daftar Bukit dan Gunung Terpopuler di Aceh Yang Sangat Memanjakan Mata.

6 Bukit di Jawa Tengah Dengan Pemandangan Terbaik.

5. Gunung Ciremai

7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui
Gunung Ceremai

Gunung Ciremai ini adalah gunung yang memiliki bentuk cerucut hampir sempurna dan terletak di tiga Kabupaten yaitu Kuningan, Cirebon dan Majanglengka. Gunung Ciremai ini memiliki ketinggian sekitar 3.050 meter diatas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari, ini dikarenakan medan yang di lalui lumayan sulit dan curam. 

Akan tetapi ketika sampai di puncaknya rasa lelah setelah sekian lama mendaki akan terbayarkan oleh keindahan yang disuguhkan oleh gunung ini. Gunung ini juga memiliki dua kawah yang menarik para pendaki yaitu Kawah Timur dengan radius sekitar 600 meter dan kawah Barat dengan radius sekitar 400 meter.

6. Gunung Burangrang

7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui
Gunung Burangrang

Gunung Burangrang ini terbentuk oleh sisa letusan gunung merapi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.060 meter diatas permukaan laut atau sekitar 6.770 kaki. Gunung Burangrang ini terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupater Purwakarta. Waktu yang di perlukan untuk mencapai Gunung Burangrang ialah sekitar 1-2 jam dan memerlukan jarak sekitar 62 km dari pusat Kota Purwakarta. 

Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar  1 harian penuh dan medan yang dilalui pun tidaklah mudah dengan jalan setapak yang curam. Meskipun harus menempuh perjalanan yang sangat melelahkan, ketika sampai ke puncak gunung ini rasa lelah dan letih kalian setelah mendaki  akan terbayarkan oleh pemandangan yang disuguhkan oleh gunung ini. Gunung ini sering juga dijadikan tempat pendidikan  dan pelatihan bagi pecinta alam. 

7. Gunung Galunggung

7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui
Gunung Galunggung

Gunung Galunggung ini terletak di kawasan sekitar 17 km dari Kota Tasikmalaya. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.158 meter diatas permukaan laut  atau sekitar 7.115 kaki. Waktu yang di perlukan untuk mencapai gunung ini sekitar 1 jam dengan jarak 24 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Untuk mencapai puncak gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari karena sulitnya medan yang dilalui. Ketika sudah sampai ke puncak gunung ini rasa lelah dan letih kalian akan terbayarkan oleh pemandangan yang disuguhkan dari atas puncak gunung ini dengan hamparan pepohonan dan luasnya kota Tasikmalaya juga bisa dilihat dari atas puncak gunung ini.

Itulah 7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui. Bagi kalian para pencinta alam, sangat disarankan untuk mendaki gunung-gunung yang ada di Jawa Barat bersama teman ataupun orang terdekat kalian. Akan dipastikan liburan kalian akan sangat bermakna dan sangat menyenangkan.

2 komentar untuk " 7 Daftar Gunung di Jawa Barat Yang Terpopuler, Yang Wajib Kalian Ketahui"

Posting Komentar